*Hade tata, Hade basa*

*Hade tata, Hade basa*Hade tata, Hade basa*Hade tata, Hade basa*Hade tata, Hade basa*

Kamis, 07 Oktober 2010

3 Tipe Designer Grafis

1. Visual Based Graphic Designer
Tipe yang ini biasanya adalah tipe yang pemula, yang masih belajar dan bereksperimen dengan visual. Tidak terlalu mementingkan konsep, lebih kepada eksplorasi visual. Bisa juga memang pada dasarnya tipe ini kuat di skill visual nya sehingga pada waktu kerja mereka sangat diandalkan untuk merealisasikan konsep/ide kedalam bentuk visual.

2. Concept Based Graphic Designer
Tipe yang kedua ini adalah master mind, namun biasanya kelemahan nya adalah tidak bisa merealisasikan ide mereka dengan bagus (lemah di visual). Dan bisa juga sebagai tahap kedua dalam perkembangan seorang graphic designer, setelah menguasai visual seiring dengan waktu mereka mulai mempelajari pengembangan ide dan konsep, sehingga tidak hanya visual saja yang bagus namun ada makna dan pesan yang di sampaikan melalui karya nya. (jujur saja saya sekarang sedang ada di dalam tahap ini, akhir-akhir ini lebih sering memikirkan sebuah konsep lebih dulu baru visual)

3. Visual & Concept Based Graphic Designer
Tipe yang terakhir ini yang di idamkan para desainer grafis, konsep bagus, visual bagus. Dan ini merupakan tahap pencapaian (bukan yang terakhir, tapi merupakan suatu level tertentu, karena seorang desainer grafis yang sejati adalah yang mengerti tentang bidang lain baik yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan profesi utamanya). Ada juga yang bisa mencapai tahap/tipe ini dari awal, mereka ini memang mempunyai skill visual dan pengembagan ide yang bagus sejak awal.

Nah kira-kira Kamu termasuk tipe yang manakah sekarang ini ? 3 tipe tersebut semuanya penting, saling mengisi dan harus di lewati dalam perjalanan karir Kamu sebagai desainer grafis. Jadi jangan pernah berhenti belajar, klise.. tapi memang itulah kenyataan nya.

2 komentar:

Ronald mengatakan...

tapii kang ketiga - tiganya trmasuk Designer juga kann??

mayInspirasi mengatakan...

ronald :: betul kang! hanya saja penjelasan di atas menyebutkan bahwa Designer Grafis mempunyai tipe2 yang berbeda..